Bupati Sebut Orang Sasak Selalu Berdampingan Meski Berbeda

kancantaradio.com – Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok terkenal dengan nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan nenek moyangnya secara turun temurun sejak dahulu kala. Nilai-nilai luhur itu terus dilestarikan dalam pergaulan sehari-hari di tengah terpaan gelombang globalisasi yang kian mewabah.

Sebagai orang yang terlahir dari keluarga yang asli Sasak, Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan dalam setiap kesempatan selalu mengungkapkan bahwa Suku Sasak merupakan suku terhebat di dunia. Sebab, berbagai kelompok tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa disertai perseteruan yang berkepanjangan.

Pada saat mengadakan silaturrahmi dengan warga di Dusun Muntaha Desa Kembang Kerang Daya Kecamatan Aikmel pada Jum’at (24/3) kemarin, Bupati kembali menegaskan bahwa Suku Sasak merupakan suku yang mewariskan keluhuruan budi pekerti yang tetap terjaga dengan baik di tengah masyarakat. Bagaimana tidak, di tengah kondisi masyarakat yang beraneka ragam kapasitas maupun organisasinya yang saling memperkuat organisasi masing-masing. Semangat persaudaraan masyarakat tetap bertahan dengan baik.

“Salah satu tanda begitu hebatnya Suku Sasak adalah kemampuan Suku Sasak dalam menciptakan kedamaian dan kerukunan di tengah masyarakat yang berlatar belakang haluan organisasi yang berbeda-beda. Meskipun, banyak organisasi ataupun kelompok di tengah masyarakat. Namun, selalu bisa hidup berdampingan dengan aman yang jauh dari perseteruan antar kelompok maupun golongan”, ungkap Bupati di Kembang Kerang.

Kemampuan masyarakat untuk selalu berdampingan di tengah perbedaan itu merupakan salah satu bukti nilai-nilai luhur yang diwariskan leluhur Suku Sasak yang harus tetap dipertahankan untuk tujuan bersama menciptakan kerukunan di tengah masyarakat yang majemuk. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *