KONI Dorong Pembinaan Atlet Dilakukan Secara Mandiri

kancantaradio.com – Perkembangan dunia olahraga tidak dapat dipandang sebelah mata. Namun sejauh ini, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemerintah Daerah, kucuran dana untuk sektor olahraga juga ikut diiritkan. Dari 10 Milyar lebih anggaran yang diberikan untuk Dinas Pemuda dan Olahraga (dispora) Lombok Timur, anggaran untuk pengembangan olahraga lebih dari setengahnya. Namun, alokasi anggaran tersebut lebih banyak pada program pembangunan infrastruktur.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lombok Timur, H. Khaerul Warisin mengungkapkan bahwa anggaran yang digelontorkan untuk Dispora Lotim lebih banyak untuk revitalisasi infrastruktur. Seperti rehab gelanggang olaharaga dan melengkapi fasilitas lainnya. Sementara, anggaran untuk pembinaan atlet yang dihajatkan KONI sebesar 5 Milyar, hanya terpenuhi 1 Milyar dari total anggaran yang dimiliki Dispora Lotim.

Mengingat minimnya anggaran yang diberikan untuk KONI, Ketua KONI Lotim sekaligus Wakil Bupati Lombok Timur, H. Khaerul Warisin mendorong agar setiap pimpinan organisasi cabang olahraga yang ada supaya mampu melaksanakan pembinaan atlet secara mandiri dengan mencari terobosan-terobosan yang melibatkan sponsorship.

“Dari 5 Milyar anggaran yang disodorkan, hanya terealisasi 1 Milyar untuk KONI. Anggaran tersebut mencakup untuk pembiayaan pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (porkab) yang akan menelan anggaran 500 juta atau setengah dari total anggaran yang dimiliki. Karena itulah, setiap organisasi cabang olahraga diharapkan mampu melakukan pembinaan atlet secara mandiri”, ungkap Wabup di Selong usai menghadiri rapat tahunan KONI Lombok Timur yang dihadiri Dispora dan perwakilan seluruh organisasi cabang olahraga yang terdaftar di KONI Lombok Timur, Sabtu (25/3) kemarin.

Meski anggaran minim, Wabup memastikan gelaran Porkab akan tetap dilaksanakan dengan konskuensi harus mengupayakan bantuan pendanaan dengan menggaet pihak swasta sebagai sponsor kegiatan. (ovp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jangkauan Siaran Selaparang TV Semakin Luas

kancantaradio.com – Kabupaten Lombok Timur memiliki satu kekayaan yang pantas untuk dibanggakan, yaitu Selaparang TV ...