Antisipasi Kemacetan Saat Mudik, Satlantas Polres Lotim Bangun 4 Pospam

kancantaradio.com – Hari Raya Idul Fitri atau lebaran kian dekat. Biasanya, momentum lebaran dimanfaatkan sebagian besar masyarakat untuk berkumpul dengan sanak family. Terutama, bagi masyarakat yang tinggal berjauhan dengan keluarga karena tugas atau sedang melanjutkan pendidikan. Karena adanya hajatan banyak masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman untuk berlebaran itu, menyebabkan terjadinya arus transportasi yang membeludak. Akibatnya, kemacetan menjadi menu utama sehari-hari pada saat mudik berlangsung.

Sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kemacetan yang dapat mengganggu kelancaran arus transportasi warga saat mudik di wilayah Lombok Timur, Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Timur akan membuat 4 pos pengamanan yang akan ditempatkan di wilayah-wilayah yang rentan terjadi kemacetan. Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Ruben Palayukan kepada Kancanta di Selong, Sabtu (10/6) kemarin mengatakan bahwa tingkat arus mudik di wilayah Lombok Timur memang tak sepadat di beberapa daerah lain.

Meskipun demikian, potensi terjadinya kemacetan tetap harus diantisipasi demi kelancaran masyarakat yang ingin segera berkumpul dengan keluarganya. Salah satu upaya yang dilakukan Satlantas Polres Lombok Timur untuk menvegah terjadinya kemacetan adalah menempatkan sejumlah personel yang akan mengatur arus kendaraan mudik di beberapa titik yang potensial mengalami kemacetan.

Karena itu, direncanakan akan membangun 4 pospam, masing-masing di wilayah Terara, Masbagik, Pancor dan satu lagi di kawasan pelabuhan Kayangan, Labuhan Lombok. Mengingat personel kepolisian yang sangat terbatas, di mana, menurut rencana untuk pengamanan arus mudik lebaran tahun ini, Satlantas Polres Lombok Timur akan menerjunkan 41 personelnya. Untuk itu, diperlukan keterlibatan pihak lain sebagai tenaga tambahan. Menurut Ruben, pihaknya akan dibantu aparat TNI, Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan juga Pramuka. (ovp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *