Pemerintah Harapkan Semua Pihak Atensi Kasus Kekerasan Terhadap Anak

kancantaradio.com – Menyikapi beberapa kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di Lombok Timur. Pemerintah Daerah Lombok Timur mengharapkan agar semua pihak senantiasa memberikan perhatian terkait persoalan yang berkaitan erat dengan sisi kemanusiaan tersebut. Demikian disampaikan Bupati Lombok Timur melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Juaini Taofik saat menghadiri acara workshop penguatan kapasitas kelembagaan dengan mitra strategis peduli anak Lombok Timur 2017 yang diselenggarakan pada Rabu (14/6) kemarin di Rupatama IV Lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur.

Workshop yang membahas masalah penanganan kasus kekerasan terhadap anak ini diikuti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di lingkup Pemda Lombok Timur, Lembaga Perlindungan Anak (LPA), Forum Pemerhati Perempuan dan Anak (FP2A), Forum Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (FKDRT) dan Galang Anak Semesta (GAGAS) Mataram. Dalam kesempatan tersebut, Juaini mengungkapkan bahwa kasus-kasus kekerasan terhadap anak dalam berbagai bentuk yang terjadi di Lombok Timur telah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Hal ini tak lepas dari kurangnya pemahaman setiap orang akan pentingnya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak dasar anak sesuai yang diamanatkan undang-undang.

Dalam Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014 yang merupakan penyempurnaan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 dalam Pasal 1 Ayat 2 dijelaskan bahwa perlindungan anak adalah segala bentuk kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan kekerasan dan diskriminasi.

Untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap anak akibat masih minimnya pengetahuan masyarakat terkait perlindungan anak ini, lanjut Taofik, semua pihak terkait diharapkan memiliki rasa tanggung jawab bersama dan secara pro aktif memberikan penyadaran kepada masyarakat agar dalam menghadapi anak-anak, tindakan-tindakan yang memiliki unsur kekerasan dapat dihindari. (kis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musim Kemarau Tiba, Sumber Air Mulai Berkurang

kancantaradio.com – Memasuki musim kemarau, menjadi tantangan tersendiri bagi para petani Lombok Timur. Khususnya, bagi ...