Puasa Dapat Jauhkan Sifat Buruk

kancantaradio.com – Perintah berpuasa yang ditujukan kepada orang-orang yang beriman selama sebulan penuh pada Bulan Ramadhan merupakan sarana peningkatan kualitas keimanan. Selain menyehatkan, ada begitu banyak hikmah di balik pelaksanaan puasa yang mengharuskan umat Islam menahan diri dari makan dan minum pada siang hari hingga terbanamnya matahari ini. Saat menghadiri acara Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Lombok Timur di Masjid At-Taqwa Dusun Batu Belek Desa Aikmel Kecamatan Aikmel pada Selasa (13/6) kemarin, Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan mengungkapkan bahwa pelaksanaan ibadah puasa hendaknya dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas keimanan.

Peningkatan kualitas keimanan menurut Bupati sangat bermanfaat bagi setiap aktifitas keagamaan yang dilakukan umat Islam. Sebab, tanpa adanya keimanan yang kuat, maka aktifitas keagamaan yang dilakukan hanya akan bersifat seremonial, tanpa mendapatkan nilai dan hikmah yang semestinya didapatkan.

Dikatakan Bupati, ibadah puasa Ramadhan yang dilakukan umat Islam selama sebulan penuh itu bertujuan menjauhkan segala bentuk sifat buruk dalam diri manusia yang dapat menjerumuskan manusia ke lembah kenistaan dalam pandangan Allah SWT. Sebagian dari sifat buruk itu adalah hawa nafsu yang tak terkendali, yang tercermin pada perilaku umat yang senang membanggakan diri dan gila terhadap sanjungan orang lain, suka menyebar fitnah dan menganggap organisasi atau kelompoknya yang terbaik atas kelompok yang lain.

Kegiatan Safari Ramadhan Bupati dilanjutkan dengan menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an di dua tempat lainnya, yakni di Masjid Nurul Huda Benyer Desa Telaga Waru Kecamatan Wanasaba dan di Masjid Al-Muhajirin Saleh Sungkar Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *