Tim Saber Pungli NTB Sosialisasi Di Lotim

kancantaradio.com – Setelah dibentuk akhir tahun lalu, Tim Sapu Bersih Pungutan Liar alias Tim Saber Pungli Nusa Tenggara Barat terus melakukan upaya sosialisasi dengan melibatkan instansi-instansi yang menjalankan pelayanan publik yang dinilai memiliki potensi terjadinya pungutan liar. Selain melakukan sosialisasi, Tim Saber Pungli NTB juga sesekali juga melakukan operasi tangkap tangan para pelaku pungli.

Pada Selasa (13/6) kemarin, kembali Tim Saber Pungli NTB menggelar acara sosialisasi di Selong, Lombok Timur dengan melibatkan sejumlah instansi yang sangat rentan terjadinya praktik pungutan liar dengan beragam dalih yang disertai dengan iming-iming imbalan berupa hadiah barang ataupun uang. Menurut Kasi Bimbingan Penyuluhan Binmas Polda NTB yang juga menjadi anggota Tim Saber Pungli NTB, H. Kamaluddin, penindakan terhadap oknum yang mempraktikkan kegiatan pungutan liar di luar ketentuan merupaka tugas Tim Saber Pungli. Karena itulah, kegiatan sosialisasi yang dilakukan ini merupakan rangkaian upaya menekan angka pungli yang terjadi di tengah masyarakat.

Tim Saber Pungli NTB terus melakukan upaya sosialisasi terkait praktik pungutan liar ini guna mencegah terjadinya praktik pungli yang dilakukan oknum-oknum yang berniat mengambil keuntungan dengan menjanjikan kemudahan dalam pelayanan publik yang bagi banyak kalangan kerap dikeluhkan. Karena bagi Tim Saber Pungli NTB, pencegahan lebih diutamakan dan dipandang lebih baik dari pada penindakan. Selama menjalankan tugas menindak para pelaku pungli yang merugikan masyarakat ini, Tim Saber Pungli NTB telah berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di 6 lokasi berbeda di beberapa kabupaten di Lombok dan berhasil menyita barang bukti hasil pungli yang berjumlah ratusan juta rupiah yang menyasar berbagai kalangan, baik itu di lingkungan pendidikan maupun di pemerintahan desa.

Ditegaskan H. Kamaluddin bahwa Tim saber Pungli NTB akan menindak tegas para pelaku pungli dengan tanpa memandang status kepangkatan ataupun jabatan. Tidak ada perbedaan penanganan antara masyarakat biasa dengan pejabat. Selama melakukan praktik pungli, akan ditindak dengan tegas. Lebih lanjut ungkap H. Kamaluddin, dengan kehadiran Tim Saber Pungli yang siap melakukan penindakan terhadap oknum yang suka bermain-main dengan aturan pelayanan dan mengambil manfaat dengan melakukan praktik pungli, praktik pungli sudah mengalami perkembangan yang cukup baik dengan semakin berkurangnya para pelaku. (ovp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jangkauan Siaran Selaparang TV Semakin Luas

kancantaradio.com – Kabupaten Lombok Timur memiliki satu kekayaan yang pantas untuk dibanggakan, yaitu Selaparang TV ...