BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan Kesehatan Bagi Pemudik

kancantaradio.com – Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana.

Dalam kondisi normal, peserta JKN-KIS diharuskan melalui prosedur pelayanan rujukan yang berjenjang yang dimulai dari fasilitas kesehatan I. Namun bagi para pemudik, BPJS Kesehatan memberikan kemudahan untuk bisa langsung mendapatkan pelayanan di IGD di luar daerah, baik untuk gangguan kesehatan yang bersifat kegawat daruratan ataupun yang tidak dengan tanpa harus melapor ke Kantor BPJS Kesehatan setempat.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Selong, Gerry Adhikusuma pada saat menggelar konfrensi pers di Selong, Kamis (15/6) kemarin menyampaikan bahwa para pemudik yang menjadi peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan pelayanan kesehatannya. Karena BPJS Kesehatan telah membangun komunikasi dengan seluruh puskesmas dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan yang siap memberian pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS, dengan catatan, para peserta JKN-KIS harus menunjukkan bukti kepesertaannya dengan membawa kartu JKN-KIS, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu BPJS Kesehatan, Askes, Kartu Jakarta Sehat (KJS), Jamkesmas dan kartu lainnya yang terintegrasi JKN-KIS.

Dengan kemudahan prosedur pelayanan yang diberlakukan BPJS Kesehatan bagi para pemudik ini, Gerry mengharapkan agar para pemudik yang menjadi peserta JKN-KIS agar senantiasa membawa kartu kepesertaannya ke daerah tujuan mudik dan memastikan bahwa kartu kepesertaan itu aktif. Kemudahan prosedur pelayanan kesehatan yang diterapkan BPJS Kesehatan bagi para pemudik ini berlaku mulai H-7 dan H+7 Hari Raya Idul Fitri atau dimulai dari tanggal 19 Juni hingga 2 Juli 2017.

Di samping itu, ungkap Gerry, selama libur lebaran tahun ini, masyarakat juga tetap bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi) bagi peserta JKN-KIS yang ingin menetap di daerah tujuan mudiknya serta mengetahui perhitungan denda pelayanan. Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 hadir 7×24 jam atau setiap hari nonstop, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin-Jum’at mulai pukul 07.00-20.00 WIB. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *