Bulan Ramadhan Ajang Penempaan Ummat

kancantaradio.com – Bulan Ramadhan sebentar lagi akan meninggalkan ummat Islam. Bulan yang dinyatakan sebagai sayyidus suhur atau penghulu dari pada bulan ini tak lama lagi akan berganti. Bagi Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan, bulan Ramadhan disebutkannya sebagai ajang penempaan ummat. Di mana, selama menjalankan ibadah puasa, ummat Islam juga tetap dituntut untuk melaksanakan aktifitas lainnya, sebagaimana pada bulan-bulan di luar bulan Ramadhan. Saat menghadiri acara pengajian rutin Pemerintah Daerah Lombok Timur setiap hari Jum’at di Masjid Agung Al-Mujahidin, Selong, Jum’at (16/6) kemarin.

Bupati mengingatkan para pegawai di lingkup Pemda Lombok Timur agar tidak mengurangi kinerja selama menjalankan ibadah puasa. Karena, pada bulan ini Allah SWT menurunkan begitu banyak rahmat yang tak boleh disia-siakan. Bahwa ada keterangan yang menyebutkan bahwa tidurnya ummat Islam yang sedang berpuasa di Bulan Ramadhan adalah sesuatu yang bernilai ibadah, hal itu tak ditampik Bupati. Namun, dikatakan Bupati, bahwa tak ada satupun keterangan dalam ajaran Islam yang memerintahkan ummat Islam agar mengurangi aktifitas selama menjalankan ibadah puasa.

Bulan puasa adalah ajang penempaan ummat dengan harapan dapat meningkatkan kualitas keimanan yang terinflumentasi dalam kehidupan pada bulan-bulan lain setelah puasa. Jika selama berpuasa, ummat Islam mampu bekerja dengan baik. Maka, di luar bulan puasa, kinerjanya akan semakin meningkat. Demikian yang diharapkan Bupati agar para pegawai tak bermalas-malasan dalam bekerja dengan alasan sedang berpuasa.

Merujuk pada contoh-contoh yang telah dipraktikkan Nabi beserta para sahabat pada saat menjalankan ibadah puasa, kuantitas tidur yang memang dikatakan bernilai ibadah itu dikurangi, dan itu tidak mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, tetap jalankan aktifitas sehari-hari yang telah menjadi kewajiban dengan tetap berpuasa. Termasuk, bagi mereka yang mengidap penyakit maag. Karena, puasa itu menyehatkan, ungkap Bupati. (kis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musim Kemarau Tiba, Sumber Air Mulai Berkurang

kancantaradio.com – Memasuki musim kemarau, menjadi tantangan tersendiri bagi para petani Lombok Timur. Khususnya, bagi ...