Toleransi Sangat Dijunjung Tinggi Dalam Islam

kancantaradio.com – Bertempat di Masjid Jam’iatul Muttaqin Dasan Geres Desa Aik Dewa Kecamatan Pringgasela saat menghadiri acara Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Lombok Timur, Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan menyampaikan bahwa menjalin silaturrahim antara ummat Islam menjadi suatu keharusan, sebagaimana yang diperintahkan Allah SWT dan Rasul-Nya. Membangun hubungan persaudaraan yang kuat dalam Islam, tidak hanya antar sesama pemeluk Islam.

Hubungan baik dengan ummat di luar Islam juga sangat dianjurkan agama. Rasulullah SAW semasa hidupnya telah memberikan contoh yang baik terkait membangun komunikasi dan menjalin hubungan baik dengan ummat di luar Islam. Pada saat Rasulullah bersama ummat Islam tinggal di Madinah, ada beberapa suku pada saat itu yang belum memeluk Islam. Namun, tetap bisa hidup berdampingan di bawah pemerintahan Islam dengan Rasulullah sebagai pimpinannya.

Berkaca dari apa yang dicontohkan Rasulullah itu, Bupati mengajak ummat Islam agar senantiasa menjalin silaturrahim yang baik antar sesama muslim dan juga tetap menjaga hubungan baik dengan yang non muslim. Tak ada alasan bagi ummat Islam saling membenci hanya karena terdapat perbedaan. Terlebih, di kalangan ummat Islam sendiri. Perbedaan faham atau organisasi tidak boleh dijadikan pemicu perpecahan yang dapat mengakibatkan pergolakan ummat.

Sebab, perbedaan itu adalah sesuatu yang diciptakan Allah SWT. Islam sangat menjunjung tinggi sikap toleransi, sebagaiman yang dipraktikkan Rasulullah pada masa pemerintahannya. Dan karena sikap toleransi yang baik itu, muncul ketertarikan ummat di luar Islam untuk mempelajari dan berikutnya menjadi pemeluk agama Islam yang selalu menganjurkan kebaikan bagi sesama. Contoh yang diperlihatkan ummat Islam dengan menjunjung tinggi toleransi itulah yang menjadi daya tarik ummat di luar Islam untuk beralih kepercayaan menjadi penganut agama Islam. Demikian ungkap Bupati di Pringgasela, Jum’at (16/6) kemarin. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *