PKM Selong Targetkan Akreditasi Tingkat Madya

kancantaradio.com – Sebagai salah satu puskesmas yang sudah berkesempatan mendapatkan penilaian dari tim surveyor yang diutus Komisi Akreditasi, Puskesmas Selong yang mengusung visi menjadikan puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan terdepan yang menyeluruh, profesional dan paripurna telah menargetkan lulus akreditasi dengan status terakreditasi tingkat madya.

Untuk akreditasi, terdapat beberapa aspek penilaian yang masing-masing aspek memiliki sejumlah indikator capaian yang menjadi acuan penilaian tim surveyor yang nantinya akan diajukan ke Komisi Akreditasi untuk ditetapkan hasil penilaiannya. Aspek pertama adalah administrasi dan managemen puskesmas, yang kedua adalah aspek penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan yang ketiga adalah pelayanan klinis atau upaya kesehatan peorangan (UKP) yang masing-masing memiliki indikator penilaian yang mencapai ratusan indikator.

Dengan memperhatikan sejumlah indikator acuan yang sudah disiapkan Puskesmas Selong. Kepala Puskesmas Selong, L. Ihsan memasang target cukup tinggi namun dinilai realistis. Sebab, persiapan-persiapan untuk mewujudkannya telah dilakukan sejak jauh-jauh hari dengan upaya yang sangat maksimal dengan pembentukan tim yang telah mempersiapkan dokumen-dokumen untuk semua aspek penilaian.

Saat dikonfirmasi Kancanta di Selong, Kamis (6/7) kemarin, L. Ihsan menyampaikan rasa optimistisnya akan mampu mendapatkan nilai maksimal yang akan mengantarkan Puskesmas Selong menyabet status terakreditasi Madya, dan bahkan, jika memungkinkan  bisa menyabet akreditasi utama.

Hajatan mendapatkan akreditasi Madya maupun Utama diwujudkan dengan mengusung program peningkatan mutu yang telah dilaksanakan, meliputi peningkatan kapasitas petugas, memperhatikan ketersediaan dan kelengkapan sarana dan prasarana yang mendukung pelayanan, melakukan pemerataan akses dan mutu program, melaksanakan pelayanan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan memperhatikan peningkatan mutu secara sistematis yang dimulai dari perencanaan yang baik, pelaksanaan hingga pengawasan dan evaluasi.

Melirik dari berbagai persiapan yang telah diupayakan sejak jauh-jauh hari. Maka, sangatlah wajar jika puskesmas ini menargetkan akreditasi tingkat madya dan bahkan utama.

Keyakinan Puskesmas Selong untuk mendapatkan akreditasi minimal madya sangat beralasan. Sebab, seperti yang disampaikan Ihsan, pihaknya telah memberikan pelayanan yang baik dan maksimal. Beberapa indikatornya adalah nihilnya angka balita yang terkena gizi buruk tahun ini, setidaknya hingga pertengahan tahun. Begitu juga dengan angka kematian bayi lahir. Dan terhadap mutu pelayanan, Puskesmas Selong telah menyiapkan kotak saran yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan keluhan maupun saran guna peningkatan mutu layanan. Dan semua keluhan maupun saran yang diberikan masyarakat telah ditanggapi dengan memperbaiki pola pelayanan yang semakin efektif dan efisien. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *