Pemerintah Siapkan 97,8 M Untuk Jalan Dan Jembatan Dari DAK Penugasan 2017

kancantaradio.com – Pemerintah Daerah Lombok Timur terus memacu derap langkah pembangunan daerah di semua lini. Pembangunan di sektor infrastruktur jalan dan jembatan masih menjadi prioritas utama untuk terus dilaksanakan. Setiap tahunnya, pemerintah telah menargetkan pembangunan 200 Kilometer jalan. Dan untuk tahun ini, guna mensukseskan target daerah tersebut, pemerintah daerah telah menganggarkan 97,8 Milyar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan. Tentunya, anggaran pembangunan jalan dan jembatan juga disisipkan dari program pemerintah lainnya.

Anggaran sebesar 97,8 Milyar tersebut akan digunakan untuk membangun jalan hotmix yang menyebar di 18 wilayah kecamatan, minus Kecamatan Sembalun dan Jerowaru. Karena untuk Kecamatan Jerowaru, pemerintah telah menyiapkan anggaran pembangunan ruas jalan Wakan-Pegasingan sepanjang kurang lebih 1 KM dari Dana Alokasi Umum (DAU). Sedangkan, untuk wilayah Kecamatan Sembalun, sudah dianggarkan dari APBN.

Disebutkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum melalui Kepala Bidang Bina Marga, Dedi Irawandi, saat dikonfirmasi Kancanta di Selong, Sabtu (8/7) kemarin, bahwa pembangunan jalan dilakukan merata di semua wilayah kecamatan. Khusus dari anggaran DAK Penugasan 2017, pemerintah telah merencanakan pembangunan 1 jembatan dengan menelan anggaran sebesar 2,5 Milyar yakni jembatan Banjar Getas. Sementara sisanya, dialokasikan untuk pembangunan jalan hotmix.

Untuk wilayah Kecamatan Selong, ada 6 titik pembangunan jalan. Di antaranya, ruas jalan belakang Pendopo Bupati hingga Lendang Bedurik, Jalan Lalu Muchdar, ruas jalan Kelayu-Ketangga, ruas jalan Sawing-Bumbasari-Jorong, ruas jalan Teros-Pengempok-Suntalangu dan di Dusun Gedang Daye-Kanci-Gunung Siup. Begitu juga dengan ruas-ruas jalan di 17 kecamatan lainnya.

Secara umum, rencana pembangunan jalan dan jembatan dari anggaran DAK Penugasan Tahun 2017 dikelompokkan menjadi 5 paket pekerjaan. Paket I yang meliputi wilayah Kecamatan Selong, Sukamulia, Labuhan Haji, Suralaga, Sakra dan Pringgabaya akan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp. 31.985.000.000,-.

Sedangkan Paket II yang meliputi wilayah Kecamatan Masbagik, Pringgasela, Aikmel dan Sikur akan menelan anggaran sebesar Rp. 22.922.500,- dan Paket III yang di daerah Kecamatan Suela, Sambelia dan Wanasaba akan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp. 19.467.500.000,-. Untuk Paket IV yang meliputi Kecamatan Montong Gading, Terara, Sakra Timur, Sakra Barat dan Keruak akan menelan anggaran sebesar Rp. 20.660.000.000,- dan Paket V adalah pembangunan jembatan Banjar Getas dengan rencana anggaran sebesar Rp. 2.525.000.000,-. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *