Dikes Lotim Usulkan Penambahan Ratusan Nakes

kancantaradio.com – Selain telah berusaha menambah sarana dan prasarana kesehatan dengan menyalurkan 17 mobil puskesmas keliling dan 43 sepeda motor ke puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah Lombok Timur. Maka, dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur telah mengusulkan ke pemerintah pusat agar ada penambahan tenaga kesehatan di semua profesi. Demikian disampaikan Kepala Dikes Lombok Timur, drg. H. Asrul Sani saat dikonfirmasi awak media di Selong, Selasa (1/8) kemarin.

Kebutuhan tenaga kesehatan di Lombok Timur, khususnya untuk profesi dokter sangat mendesak. Sebab, setiap tahun Pemerintah Daerah senantiasa melakukan penambahan jumlah puskesmas yang pastinya membutuhkan tambahan tenaga kesehatan. Sementara, stok dokter di Lombok Timur masih sangat minim. Berangkat dari itu, untuk menyesuaikan jumlah kebutuhan dokter tersebut, termasuk tenaga kesehatan lainnya, Dikes Lombok Timur telah melayangkan usulan agar diperkenankan untuk menambah jumlah tenaga kesehatan yang menurut Asrul Sani, sebanyak 200 kuota tenaga kesehatan (nakes) mestinya diberikan pemerintah pusat.

Usulan penambahan 200 tenaga kesehatan untuk semua profesi tersebut dinilai sangat relevan dengan kondisi perkembangan jumlah fasilitas kesehatan yang dimiliki Lombok Timur yang terus bertambah. Apalagi, jika disandarkan pada jumlah penduduk Lombok Timur yang sudah mencapai angka 1,3 juta jiwa. Padahal lumrahnya, tenaga dokter harus disediakan dengan perbandingan 1 dokter untuk 5 ribu jiwa penduduk. Sementara di Lombok Timur sendiri, jumlahnya masih perlu penambahan.

Ditambahkan Asrul, untuk profesi dokter sendiri, Dikes Lombok Timur mengusulkan penambahan sebanyak 20 orang . Karena, kalau di negara-negara maju, perbandingan jumlah dokter dengan jumlah penduduk adalah 1 berbanding 2000-3000 jiwa. Diharapkan, usulan penambahan tenaga kesehatan sebanyak 200 orang tersebut dapat direalisasikan pemerintah pusat guna peningkatan kualitas layanan kesehatan di Lombok Timur.

Kondisi masih diperlukannya tambahan tenaga kesehatan untuk pelayanan di Lombok Timur menurut Asrul masih dianggap pada tarap yang tidak terlalu mengkhawatirkan. Sebab, kondisi kekurangan tenaga kesehatan merupakan persoalan umum semua daerah. Terlebih, di kota-kota besar. (kis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jangkauan Siaran Selaparang TV Semakin Luas

kancantaradio.com – Kabupaten Lombok Timur memiliki satu kekayaan yang pantas untuk dibanggakan, yaitu Selaparang TV ...