Deportasi Tak Dikhawatirkan TKI Illegal

kancantaradio.com – Menjadi tenaga kerja di luar negeri bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya di Lombok Timur, masih menjadi pilihan yang menjanjikan kesejahteraan. Meskipun, tak selamanya hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. Berbagai persoalan kerap muncul dan dialami para tenaga kerja Indonesia yang berjuang mengais penghasilan di negeri orang ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (disnakertrans) Kabupaten Lombok Timur, Andika Istujaya mengungkapkan masih banyak masyarakat Lombok Timur yang mengadu nasib di luar negeri. Namun sayangnya, tidak semua TKI yang berangkat dilengkapi dengan dokumen yang seharusnya. Akibatnya, sering muncul ke permukaan, berita TKI yang dideportasi atau dipulangkan paksa oleh pemerintah negara setempat.

Belum lama ini, Malaysia telah mendeportasi ratusan TKI illegal yang terdapat di dalamnya juga TKI asal Lombok Timur. Jumlah TKI illegal asal Lombok Timur yang dideportasi itu juga tidak sedikit. Namun ungkap Andika, banyaknya TKI illegal yang sudah dideportasi negeri tetangga, tidak lantas membuat kapok masyarakat untuk bekerja di luar negeri secara illegal.

Lebih lanjut dijelaskan Andika, penyebab dideportasinya para TKI illegal tersebut, bukan semata-mata akibat berangkatnya melalui proses yang tidak seharusnya. Ada juga faktor lain yang menjadikan TKI harus dideportasi. Seperti, melampaui batas tinggal di negara orang.

Persoalan-persoalan lain yang turut menyebabkan banyak TKI asal Lombok Timur yang dideportasi adalah ketidak fahaman TKI tersebut terkait hak-hak dan kewajibannya, yang sebenarnya telah diberikan pemaparan sebelum pemberangkatan. Tentunya, bagi TKI yang berangkat secara legal.

Namun yang masih disayangkan, lanjut Andika, meskipun telah banyak TKI illegal yang dideportasi, jumlah masyarakat kita yang hendak mengadu nasib bekerja di luar negeri, masih banyak yang mencari jalan pintas dengan berangkat sebagai TKI illegal. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *