Dikes Lotim Kampanye Germas

kancantaradio.com – Hidup sehat adalah sebuah tuntutan, keharusan dan bahkan merupakan sebuah keniscayaan. Karena dengan menerapkan pola hidup sehat akan membawa manusia pada kehidupan yang lebih baik. Demikian sekelumit nasehat yang disampaikan Bupati Lombok Timur yang diwakili Sekretaris Daerah (sekda), H. Rohman Farly pada acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas) yang sedang digalakkan pemerintah melalui dinas kesehatan di semua tingkatan pemerintahan yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Lombok Timur, Selasa (8/8) kemarin.

Dalam acara yang dihadiri salah seorang anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Ermalena, Kepala BBPK Jakarta, Zaenal Komar dan sejumlah pejabat dari SKPD terkait beserta para tokoh agama dan tokoh masyarakat ini, Sekda mengajak semua lapisan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam berprilaku hidup sehat sebagaimana yang dikampanyekan melalui Germas ini, yakni masyarakat diharapkan agar senantiasa melakukan gerakan fisik, makan sayur dan buah-buahan secara rutin serta melakukan cek kesehatan secara berkala.

Dalam mendukung program kesehatan, lanjut Rohman, Pemerintah Daerah Lombok Timur telah menyiapkan sarana dan prasarana penunjang layanan kesehatan yang baik. Belum lama ini, pemerintah telah menambah armada puskesmas keliling sebanyak 20 unit beserta 43 unit kendaraan operasional lainnya yang telah disebar di puskesmas-puskesmas. Begitu juga dengan para pelaku pelayanan, pemerintah telah melakukan peningkatan kualitasnya dengan memberikan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kompetensi dan profesionalitas para tenaga kesehatan yang dimiliki.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, H. Asrul Sani menyebutkan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas) yang dikampanyekan ini merupakan gerakan yang sistematis yang diharapkan melalui program ini, masyarakat dapat meningkatkan kehidupannya menjadi lebih sehat dengan   cara aktifitas fisik, makan buah dan sayuran serta dengan melakukan cek kesehatan secara berkala.

Untuk menggalakkan germas, dalam acara sosialisasi tersebut dilakukan penandatanganan komitmen bersama untuk hidup sehat oleh sejumlah elemen masyarakat, tak terkecuali dari pihak pemerintah dan pada kesempatan itu pula pemerintah daerah yang diwakili Sekda yang didampingi Hj. Ermalena, Kepala Bapelkes Mataram dan Kepala Dikes Lotim mencanangkan germas yang ditandai dengan makan buah bersama. (kis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jangkauan Siaran Selaparang TV Semakin Luas

kancantaradio.com – Kabupaten Lombok Timur memiliki satu kekayaan yang pantas untuk dibanggakan, yaitu Selaparang TV ...