Orang Kelayu Ambil Bagian Dalam Sejarah Tumbuh Kembang NW

kancantaradio.com – Organisasi Nahdlatul Wathan (NW) yang begitu besar di Nusa Tenggara Barat memiliki sejarah panjang yang diwarnai perjuangan yang tidak mudah. Dalam catatan sejarah tumbuh kembangnya, keterlibatan sejumlah tokoh berpengaruh telah mampu mengantarkan organisasi yang mulai menggunakan konsep pendidikan berbasis madrasah atau sekolah ini. Tak hanyaTGKH. M. Zainuddin Abdul Majid atau yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Pancor, karena berdomisili dan mendirikan lembaga pendidikan di Pancor yang memiliki andil dalam sejarah tumbuh kembang NW. namun, ada juga nama tokoh penting yang berasal dari Kelayu.

Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan pada saat menghadiri acara tasyakkuran Hari Ulang Tahun Madrasah Sa’adah Diniyah Islamiyah (MSDI) Yayasan Pondok Pesantren Daarussa’adatain NW Kelayu yang ke-75 pada Selasa (8/8) kemarin menyampaikan bahwa dalam kutipan akte pendirian organisasi Nahdlatul Wathan yang diterbitkan tahun 1956. Ada tiga nama yang disebut sebagai pendiri NW, salah satunya adalah tokoh penting kala itu yang berasal dari Kelayu, yakni H. Yusi.

Dengan termaktubnya nama tokoh yang berasal dari Kelayu tersebut, Bupati mengungkapkan bahwa orang Kelayu secara hukum telah ikut ambil bagian dalam sejarah pendirian dan perkembangan NW yang kini dikenal secara luas berpusat di Pancor. Karena itu, masyarakat Kelayu memiliki tanggung jawab yang besar dalam memperjuangkan kemajuan organisasi tersebut.

Bupati juga menyebutkan bahwa kemajuan yang dialami organisasi NW didiominasi dengan begitu besarnya sumbangsih masyarakat yang selalu gigih membangun organisasi di bawah pimpinan Tuan Guru Pancor yang senantiasa membimbing masyarakat melalui lembaga pendidikan formal maupun melalui majelis-majelis taklim lainnya.

Hampir semua madrasah NW yang ada hingga saat ini adalah hasil karya dan sumbangsih masyarakat. Termasuk, sejumlah sekolah yang berdiri di Kelayu. Karena itu, NW adalah milik masyarakat, demikian ungkap Bupati yang dalam kesempatan tersebut juga melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan pengembangan madrasah di lingkungan Pondok Pesantren Daarussa’adatain NW Kelayu. (kis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jangkauan Siaran Selaparang TV Semakin Luas

kancantaradio.com – Kabupaten Lombok Timur memiliki satu kekayaan yang pantas untuk dibanggakan, yaitu Selaparang TV ...