Pemdes Diminta Mampu Cetuskan Program Strategis Untuk Majukan Desa

kancantaradio.com – Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya 72 tahun lalu. Namun, pandangan banyak pihak, kemerdekaan tersebut belum sepenuhnya dimiliki bangsa Indonesia. Terutama di sektor perekonomian. Sebab, pada sektor yang satu ini, masih banyak kegiatan-kegiatan usaha maupun sumber daya yang dimiliki Indonesia yang dikuasai segelintir orang maupun yang dikuasai bangsa asing. Sehingga, manfaatnya belum dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Padahal, Bapak Bangsa, Bung Hatta telah menggagas konsep demokrasi ekonomi yang memberikan peluang keterlibatan masyarakat mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan program pembangunan ekonomi yang diinstitusikan melalui kelembagaan yang bernama koperasi.

Kondisi ketimpangan kesejahteraan masyarakat Indonesia sangat jelas. Secara ukuran perekonomian yang mengacu pada pendapatan perkapita, sesungguhnya penduduk Indonesia telah cukup maju. Namun, jumlah pendapatan tersebut hanya dikuasai segelintir orang. Sebagaimana diungkapkan Ahmad Erani Yustika, Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Kampus UGR, Kamis (10/8) kemarin, bahwa ketimpangan dalam pendapatan penduduk sangat jelas. Sebab faktanya, 40 orang yang tergolong terkaya di Indonesia memiliki nilai kekayaan yang setara dengan 100 juta warga paling miskin di Indonesia.

Pendapatan Indonesia secara umum memang besar, ungkapnya. Hanya saja kesejahteraan masyarakat tidak merata. Ada banyak rakyat Indonesia yang hanya untuk mendapatkan uang 10 ribu atau 20 ribu sehari itu mengalami kesulitan. Dan semua itu, lebih banyak terdapat di pedesaan. Oleh karena itu, pemerintah pusat menginginkan agar Pemerintah Desa mampu merencanakan dan memprioritaskan program strategis yang dapat membantu percepatan pembangunan di kawasan pedesaan, agar ketimpangan tingkat kesejahteraan masyarakat bisa teratasi.

Pemerintah Desa saat ini telah diberikan peluang besar dengan gelontoran dana yang tidak sedikit setiap tahunnya. Oleh karena itu, kondisi itu harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan melaksanakan program pembangunan yang berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat. (kis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jangkauan Siaran Selaparang TV Semakin Luas

kancantaradio.com – Kabupaten Lombok Timur memiliki satu kekayaan yang pantas untuk dibanggakan, yaitu Selaparang TV ...