Warga Tirtanadi Urunan Bangun Jaringan Irigasi

kancantaradio.com – Semangat gotong-royong warga Desa Tirtanadi Kecamatan Labuhan Haji layak diacungi jempol. Bagaimana tidak, di era dana desa yang begitu besar digelontorkan pemerintah pusat untuk pembangunan di desa. Warga Tirtanadi tak berpangku tangan dan berharap hanya pada ketersediaan anggaran dari dana desa tersebut untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

Belum lama ini, dengan semangat gotong royong yang kuat, warga telah mampu membuat jaringan irigasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan air dengan lebih cepat untuk mencukupi kebutuhan sekitar 25 hektar lahan pertanian warga. Jaringan irigasi berupa jembatan yang melintasi sungai penghubung Desa Tirtanadi dengan desa tetangga dibangun dari dana swadaya murni masyarakat dengan total anggaran sebesar 150 juta.

Menurut Kepala Desa Tirtanadi, Ruspan yang dikonfirmasi Kancanta di Tirtanadi, Minggu (20/8) kemarin, diakatakan bahwa dana pembangunan jembatan yang dijadikan sebagai jaringan irigasi tersebut, sepenuhnya merupakan urunan masyarakat, tanpa bantuan dari pemerintah desa dan proses pembangunannya sudah kelar sejak beberapa bulan lalu. Sehingga saat ini, jaringan irigasi tersebut sudah dapat dimanfaatkan warga.

Lebih lanjut dikatakan Ruspan bahwa, jembatan jaringan irigasi yang sudah dibangun itu sepanjang 200 meter dan ikhtiar warga tidak berhenti begitu saja. Saat ini, warga sudah memulai pembangunan hal serupa dengan anggaran yang bersumber dari masyarakat juga. Hal ini semata-mata dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat masyarakat dalam mendapatkan pasokan air untuk tanah persawahannya.

Pembangunan jaringan irigasi yang dilakukan secara swadaya oleh warga Desa Tirtanadi ini mendapatkan perhatian dari Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan yang menurut rencana akan meresmikan penggunaannya, sesuai dengan keinginan warga. Demikian ungkap Ruspan. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *