Bupati Serahkan 2 Ribu Bantuan Mesin Perahu Berbahan Bakar Gas

kancantaradio.com – Dengan telah dilaksanakannya program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) sejak tahun lalu. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI terus berupaya memberikan solusi bagi para nelayan yang terdampak dari program tersebut. Untuk itu, pada Selasa (3/10) kemarin, bertempat di Pelabuhan Labuhan Haji, sebanyak 2 ribu bantuan mesin berbahan bakar gas diberikan Pemerintah Pusat kepada para nelayan Lombok Timur. penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan.

 

Adanya konversi BBM ke BBG dikarenakan harga BBG lebih murah dan jumlah produksi BBM yang berkurang. Setidaknya, itulah yang terjadi saat ini. Meskipun, masa depan BBG masih tergantung dengan keterbatasan sumber daya di Indonesia. Demikian disampaikan Bupati saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan bagi nelayan tersebut.

 

Bupati juga menyampaikan apresiasinya atas kepedulian pemerintah pusat selama ini, khususnya bagi kelompok-kelompok masyarakat yang ada di pinggiran. Karena menurutnya, pemerintah pusat telah banyak memberikan bantuan. Seperti halnya, Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah berlangsung cukup lama.

 

Penggunaan mesin yang menggunakan BBG bagi nelayan akan dapat menghemat biaya 30-40% sesuai dengan hasil ujicoba sejauh ini. Karena itulah, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) senantiasa mendorong program konversi BBM ke BBG ini. Namun, program konversi ini masih menyasar ke nelayan-nelayan kecil yang menggunakan mesin di bawah 5 GT. Sementara, bagi nelayan yang menggunakan mesin di atas 5 GT, masih tetap menggunakan BBM.

 

Penyerahan bantuan mesin berbahan bakar gas sebanyak 2 ribu ini akan dilaksanakan secara bergantian di 6 titik sasaran yang sudah ditentukan. Selain memberikan bantuan mesin, pemerintah juga memberikan bantuan gas elpiji 3 kg. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *