47 Anggota Kafilah MTQ Lotim Diasramakan

kancantaradio.com – Menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat di Kabupaten Bima. Sebanyak 47 anggota kafilah Kabupaten Lombok Timur yang akan diterjunkan mulai diberikan pemantapan materi melalui kegiatan training center (TC) yang dipusatkan di wisma MTs Negeri Model Selong. Kegiatan TC direncanakan berlangsung selama 12 hari yang dimulai 5 Oktober kemarin.

Dalam acara pembukaan TC, Bupati Lombok Timur yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setdakab Lombok Timur, H. Sahabuddin mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi NTB yang akan berlangsung di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima sudah di depan mata. Menurut jadwal, pelaksanaannya dimulai 25 Oktober mendatang hingga 2 November. Oleh karena itu, persiapan anggota kafilah Lombok Timur harus semakin dimantapkan guna dapat mengukir prestasi maksimal dalam ajang rutin 2 tahunan tersebut.

Anggota-anggota Kafilah Lombok Timur ini merupakan orang-orang pilihan yang telah membuktikan bahwa memang benar alqur’an adalah mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Rasul-Nya Muhammad SAW yang akan senantiasa terjaga hingga akhir zaman. Karena itu, kegiatan MTQ ini harus mampu menggaungkan semangat interaksi dengan alqur’an ke masyarakat. Sehingga, masyarakat makin memahami bahwa alqur’an adalah petunjuk hidup bagi ummat manusia, khususnya ummat Islam.

MTQ merupakan ajang yang bertujuan untuk mensyi’arkan alqur’an yang tidak sekedar membacanya. Namun, harus mempelajari dan mampu memahami makna yang terkandung di dalamnya. MTQ tidak saja tentang keindahan bacaan, keindahan khat serta kedalaman tafsir. Namun, yang paling utama adalah pemahaman isi dan pengamalannya. Demikian disampaikan H. Sahabuddin di hadapan anggota kafilah yang akan mulai diasramakan itu.

H. Sahabuddin juga mengingatkan bahwa MTQ XXVII Tingkat Provinsi NTB di Kabupaten Bima ini tidak dipandang sebagai ajang persaingan untuk memperebutkan gelar juara semata. Sehingga, akan mendorong terjadinya praktik-praktik yang tidak seharusnya dilakukan demi ambisi mendapatkan gelar juara. Meskipun sesungguhnya, gelar juara itu penting. Akan tetapi, yang terpenting adalah membumikan syi’ar Islam.

Pada pelaksanaan MTQ XXVII Tingkat Provinsi NTB di Kabupaten Bima ini, 47 anggota Kafilah Lombok Timur akan diterjunkan di 22 cabang dan golongan yang dilombakan. Di antaranya, cabang tilawah alqur’an, tahfiz alqur’an, tafsir alqur’an dan lain sebagainya. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *