DMS Lotim Buka Peluang Kerjasama Dengan Vlok Foundation Holland

kancantaradio.com – Komitmen Dewan Masyarakat Sehat (DMS) Lombok Timur dalam memperjuangkan program yang bertujuan menyehatkan masyarakat Lombok Timur semakin dikuatkan. Selain melaksanakan sejumlah kegiatan yang bersifat sosial di sektor kesehatan secara rutin. Lembaga DMS Lombok Timur berniat melebarkan sayap jangkauan programnya dengan merencanakan pendirian klinik kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan biaya terjangkau.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, DMS Lombok Timur telah menjalin komunikasi dengan pihak Vlok Foundation Holland yang selama ini kerap menyalurkan bantuan sosial internasional di Nusa Tenggara Barat, tak terkecuali di Lombok Timur.

Pada Kamis (5/10) kemarin, bertempat di Kelurahan Ijo Balit Kecamatan Labuhan Haji, pengurus lembaga yang konsen terhadap persoalan kesehatan masyarakat ini telah melaksanakan pertemuan khusus dengan Direktur Vlok Foundation Holland, Harry Peter dalam rangka membicarakan peluang kerjasama antar kedua lembaga sosial ini.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Pembina DMS Lotim, Mukti Ali memaparkan beberapa hal yang mendasari rencana pendirian klinik kesehatan yang direncanakan akan berlokasi di wilayah Kecamatan Pringgabaya itu. Pembangunan klinik kesehatan di wilayah tersebut sebagai alternatif fasilitas kesehatan bagi 6 kecamatan yang berada di bagian Utara Lombok Timur yang memang secara geografis sangat memungkinkan untuk dibangunkan klinik ataupun rumah sakit. Sebab, bagi warga di 6 kecamatan, semisal Sambelia, Sembalun, Suela, Pringgabaya, Wanasaba dan Aikmel, untuk mendapatkan layanan rujukan dari masing-masing puskesmas, harus menempuh jarak yang cukup jauh. Sehingga, dengan adanya klinik ataupun rumah sakit yang akan dibangun DMS Lombok Timur dengan bantuan dari Vlok Foundation Holland dapat memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan efisiensi waktu yang cukup baik.

Terkait usulan DMS Lombok Timur, Harry Peter menyambut baik rencana pendirian klinik ataupun rumah sakit ini. Karena itulah, pihaknya akan segera melakukan pengkajian terhadap proposal yang diajukan DMS Lombok Timur ini. Jika hajatan DMS Lombok Timur ini dikabulkan Vlok Foundation Holland. Maka, proses pendiriannya akan mulai dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *