DLHK Aktif Lakukan Perbaikan PJU

kancantaradio.com – Penerangan jalan umum (PJU) merupakan salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian serius Pemerintah Daerah Lombok Timur. Pasalnya, di beberapa ruas jalan, masih ditemukan adanya jalan yang terlihat sangat sepi dan gelap pada malam harinya. Sehingga, dengan kondisi ini, potensi adanya tindakan kriminal sangat berpeluang dan hal ini yang dikhawatirkan masyarakat.

Selain dikhawatirkan sebagai lokasi yang berpotensi untuk terjadinya tindak kriminal, kondisi jalan yang gelap juga membuka peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas, utamanya di jalan yang menanjak dan berkelok-kelok. Karena itulah, Pemerintah Daerah Lombok Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) secara aktif terus berusaha melakukan perbaikan sarana penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah ruas jalan yang disinyalir sangat berpotensi untuk hal-hal seperti di atas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lombok Timur melalui Kepala Bidang Pertamanan dan Ruang Terbuka Hijau, Subagyo yang dikonfirmasi Kancanta di Selong, Sabtu (7/10) kemarin menerangkan bahwa pihaknya sejak April lalu secara aktif terus melakukan perbaikan sarana penerangan jalan umum di titik-titik yang rawan terjadinya kecelakaan maupun gangguan keamanan.

Selain faktor keamanan dan kecelakaan tersebut, ruas jalan yang diprioritaskan untuk mendapatkan perbaikan penerangan jalan umumnya adalah kawasan yang dilalui kendaraan operasional pengangkut sampah yang bekerja pada malam hari. Hal ini dilakukan untuk melancarkan proses pengangkutan dan juga memberikan rasa aman bagi petugas.

Sejak April lalu hingga September kemarin, dikatakan Subagyo bahwa pihaknya telah melakukan perbaikan penerangan jalan umum di 267 titik yang tersebar di beberapa kecamatan, termasuk Labuhan Haji dan Sukamulia yang menjadi kawasan yang dilalui kendaraan angkutan sampah.

Ditambahkan Subagyo juga, bahwa pihaknya tidak hanya melakukan perbaikan penerangan jalan umum, namun juga melakukan pemasangan baru jaringan penerangan jalan umum di sejumlah titik yang dianggap penting untuk mendapatkan penerangan. Dan sejauh ini, ungkapnya, DLHK Lombok Timur telah melakukan pemasangan baru di 18 titik strategis. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *