DLHK Ajak Warga Peduli Lampu PJU

kancantaradio.com – Pemerintah Daerah Lombok Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan telah melakukan perbaikan dan pemasangan baru sarana penerangan jalan umum (PJU) di ratusan titik strategis yang selama ini sangat diharapkan oleh masyarakat. Walaupun sesungguhnya, belum seluruh lokasi yang memerlukan PJU dapat terlayani. Adanya upaya yang dilakukan DLHK Lombok Timur ini diharapkan dapat diteruskan dengan kepedulian masyarakat untuk mau menjaga PJU yang terpasang tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kabupaten Lombok Timur melalui Kepala Bidang Pertamanan dan Ruang Terbuka Hijau, Subagyo yang dikonfirmasi di Selong, Sabtu (7/10) kemarin, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan perbaikan sarana PJU dan sekaligus juga melakukan pemasangan baru berdasarkan permintaan sejumlah Kepala Desa. Karena adanya permintaan dari pemerintah desa. Maka, diharapkan seluruh sarana PJU yang terpasang dapat kiranya dirawat dan dijaga oleh masyarakat setempat, agar sarana umum tersebut dapat dinikmati manfaatnya dalam waktu yang lama.

Perbaikan dan pemasangan baru sarana PJU sepanjang tahun ini telah dilakukan di ratusan titik. Ada yang lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga. Namun, tidak sedikit juga yang berada di lokasi yang cukup jauh dari pemukiman warga. Untuk mensiasati titik-titik yang berada jauh dari pemukiman warga, DLHK Lombok Timur memasang sistem penerangan otomatis yang dipengaruhi cahaya matahari.

Sedangkan, di beberapa titik yang berdekatan dengan pemukiman warga, masih ada PJU yang terpasang dengan sistem manual yang membutuhkan tenaga manusia untuk menghidupkan dan mematikannya. Untuk hal inilah, diharapkan kepedulian warga dalam memperhatikan hidup dan matinya lampu PJU. Dengan harapan agar lampu tidak mubazir menyala pada siang hari.

Dikatakan Subagyo, pihaknya telah memberikan arahan kepada pemerintah desa untuk mengingatkan warganya yang tinggal di lokasi yang berdekatan dengan titik-titik pemasangan sarana PJU untuk selalu memperhatian kondisi PJU. Bukan sebatas pada hal menghidupkan atau mematikan PJU tersebut. Namun juga, memperhatikan gangguan-gangguannya. Apabila terjadi gangguan yang menyebabkan PJU tak berfungsi dengan baik, warga diharapkan segera melaprkan ke petugas DLHK untuk dapat dilakukan perbaikan. Demikian harap Subagyo. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *