Polisi Ikut Bantu Padamkan Api Di Kawasan Gunung Rinjani

kancantaradio.com – Senin (9/10) kemarin, petugas Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menyampaikan laporan kepada pihak Polsek Sembalun bahwa padang savana yang terletak di Bukit Dasan Telaga Desa Sembalun Lawang Kecamatan Sembalun di kawasan Gunung Rinjani mengalami kebakaran, sekitar pukul 14.00 WITA.

Atas adanya laporan dari TNGR ini, Kapolsek Sembalun bersama anggota yang ditemani tim dari TNGR segera menuju lokasi kebakaran untuk melakukan upaya pemadaman agar tidak merembet ke kawasan pemukiman warga. Sehingga, korban jiwa dapat terhindarkan.

Berdasarkan keterangan dari beberapa orang warga setempat, kebakaran padang rumput yang sangat luas tersebut dipengaruhi kencangnya angin yang dalam waktu singkat menyebabkan api yang awalnya kecil menjadi cepat merambat dan nyaris menyentuh pemukiman warga. Namun, karena cepatnya penanganan oleh pihak TNGR yang dibantu aparat kepolisian dan warga, api yang mengarah ke pemukiman warga dapat dipadamkan.

Polisi bersama tim dari TNGR yang dibantu masyarakat berusaha memadamkan api yang begitu besar. Dengan memanfaatkan mobil tangki air milik TNGR, pemukiman warga terselamatkan dari jamahan lidah api. Namun secara keseluruhan, api belum dapat dipadamkan. Khususnya, di daerah jurang yang sulit dijangkau.

Menurut Kasubbag Humas Polres Lombok Timur, IPTU I Made Tista yang dikonfirmasi Kancanta mengatakan bahwa sampai saat ini, petugas dari Polsek Sembalun dan TNGR masih bersiaga di kawasan padang savana yang terbakar untuk mengantisipasi kemungkinan merambatnya api ke pemukiman warga. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *