Layanan Di Kecamatan Perlu Dioptimalkan

kancantaradio.com – Sebagai bentuk respon terhadap dinamika perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah menuju tata kelola tata pemerintahan yang baik. Maka, perlu dilakukan peningkatan kualitas dan pendekatan layanan kepada masyarakat. Dengan memperhatikan kondisi geografis daerah. Maka sangat perlu mempertimbangkan peran kecamatan dalam memberikan pelayanan publik dengan melimpahkan sebagian kewenangan bupati kepada camat.

Di Lombok Timur, respon terhadap perkembangan tersebut telah dilakukan sejak jauh-jauh hari dengan adanya kebijakan pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada camat dan hal itu memang perlu dilakukan optimalisasi demi kemudahan pelayanan yang diterima masyarakat. Sebagai langkah optimalisasi, pada Rabu (11/10) kemarin, telah dilakukan workshop penguatan kelembagaan kecamatan di Rupatama I Lantai II Kantor Bupati Lombok Timur.

Hadir dalam acara ini, Bupati Lombok Timur yang diwakili Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Lombok Timur, Hanuddin, perwakilan LSM KOMPAK NTB dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bupati dalam sambutannya menyebutkan bahwa kecamatan merupakan unit layanan yang berada pada tingkat yang secara langsung berhadapan dengan masyarakat. Karena itu, optimalisasi peran kecamatan sangat perlu dilakukan. Sebab, berkaca dari situasi dan kondisi geografis kecamatan, ada dan banyak yang sulit terjangkau karena jauh dan luas. Oleh karena itu, kecamatan dianggap paling efektif untuk memberikan pelayanan publik, bila dilihat dari segi kedekatan jarak. Hal ini juga akan berdampak pada kecepatan waktu dan kualitas pelayanan yang diberikan.

Peran penting kecamatan dengan adanya pelimpahan sebagian kewenangan bupati didasarkan pada Permendagri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang bertujuan utama untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pelimpahan sebagian kewenangan bupati ke camat ini harus mampu mendorong terciptanya kemudahan dan kecepatan akses pelayanan. Karena, pelayanan yang dekat, cepat, mudah dan tepat sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Sehingga, dibutuhkan reformasi birokrasi dengan melakukan perbaikan-perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *