Peringatan Hari Pahlawan Di Lombok Timur Dilaksanakan Di 3 Tempat

kancantaradio.com – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Kalimat tersebut kerap diutarakan di bayak tempat dalam berbagai kesempatan. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan bangsa ini akan jasa-jasa besar para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi mendapatkan kemerdekaan.

Di Indonesia, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan yang dimanfaatkan untuk melakukan perenungan, mengambil pelajaran dari apa yang pernah dicontohkan para pahlawan bagi bangsa besar ini. Dan di Kabupaten Lombok Timur kali ini, peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di 3 tempat.

Upacara peringatan Hari Pahlawan dipusatkan tentunya di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur dengan Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur. Selain itu, upacara peringatan Hari Pahlawan juga dilakukan di Taman Makam Pahlawan Rinjani dengan Inspektur Upacara, Dandim 1615 Lombok Timur serta upacara tabur bunga di laut yang dilaksanakan di Pantai Labuhan Haji dengan Inspektur Upacara, Kapolres Lombok Timur.

Dalam sambutan tertulis Menteri Sosial RI yang dibacakan Inspektur Upacara di Halaman Kantor Bupati, yakni Sekda, H. Rohman Farly disampaikan bahwa para pendiri bangsa telah mengabarkan pesan penting bagi rakyat yang meminta rakyat harus bersatu untuk memasuki tahapan bernegara selanjutnya, yaitu mencapai negara yang berdaulat, adil dan makmur.

Persatuan dipandang sangat penting. Karena dengan persatuan, rakyat akan mampu maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 ini, ada nuansa yang berbeda dengan telah dikeluarkannya Peraturan Presiden yang menyatakan bahwa tokoh NTB, TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid sebagai pahlawan nasional. Ketetapan ini disambut baik Pemerintah Daerah Lombok Timur dan segenap masyarakat. Diharapkan, penganugerahan gelar pahlawan nasional bagi tokoh NTB kelahiran Lombok Timur ini dapat memicu semangat masyarakat untuk membangun bangsa dan meraih cita-cita kemerdekaan. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *