Dirjen Bina Penta Puji Keberpihakan Bupati Lotim Pada TKI

kancantaradio.com – Lombok Timur sebagai daerah yang menjadi kantong TKI telah memiliki Layanan Terpadu Satu Pintu Penempatan dan Perlindungan TKI (LTSP P2TKI) yang akan memudahkan calon TKI untuk mengurus dokumen keimigrasiannya. Dengan adanya LTSP P2TKI ini, calon TKI akan dapat mengurus dokumen keimigrasiannya dengan cepat, mudah dan murah.

Dirjen Bina Penta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Maruli Hasoloan dalam kesempatannya menghadiri peresmian Gedung LTSP P2TKI Lombok Timur menyebutkan bahwa Bupati Lombok Timur, HM. Ali Bin Dachlan merupakan sosok yang sangat peduli dengan persoalan TKI.

Dikatakannya bahwa sebelum memiliki LTSP P2TKI, Lombok Timur juga telah memiliki Unit Layanan Paspor (ULP) yang mempersingkat jarak pembuatan paspor bagi calon TKI yang sebelumnya harus ke Mataram. Semua itu menunjukkan komitmen kuat dari Bupati yang ingin memudahkan masyarakatnya dalam kepengurusan dokumen keimigrasian.

Bahkan, lanjutnya, Bupati Lombok Timur sebagaimana disampaikan sebelumnya telah mempunyai program pemberian pinjaman bagi calon TKI yang siap berangkat ke luar negeri tanpa bunga sebagai upaya memutus rantai kebutuhan warga pada rentenir yang telah banyak menyulitkan TKI dengan bunga pinjaman yang sangat besar.

Maruli juga menyanjung sikap tegas Bupati yang menolak moratorium pengiriman TKI ke luar negeri dan hal itu juga telah menjadi pemikiran pemerintah pusat yang selama ini telah memberlakukan moratorium untuk pengiriman TKI ke Timur Tengah.

Saat ini, ungkap Maruli, pemerintah pusat telah mengupayakan komunikasi yang baik dengan negara-negara yang menjadi tujuan pengiriman TKI di wilayah Timur Tengah melalui sistem One Chanel. Di mana, antar pemerintah Indonesia dengan pemerintah satu negara lainnya membangun komunikasi eksklusif untuk merancang kesepakatan pengiriman TKI dengan aturan-aturan yang semakin disempurnakan guna mencegah terjadinya penindasan atau perlakuan tidak manusiawi yang menimpa TKI.

Lebih lanjut disampaikan Maruli bahwa Bupati Lombok Timur merupakan sosok pemberani yang memiliki komitmen kuat dalam memperjuangkan masyarakatnya. Kalau dalam bahasa Slanknya, Bupati Ali BD dapat disebut sebagai sosok yang Jagger alias sosok yang pemberani. Demikian lanjutnya. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *