Peningkatan Kapasitas Pemdes Jadi Focus Dinas PMD Di 2018

kancantaradio.com – Memasuki tahun ke-4 implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten Lombok Timur sebagai pembantu Kepala Daerah terus berkonsentrasi serta menguatkan kerjasama dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan juga Lembaga Civil Society lainnya serta para pendamping P3MD untuk memastikan sebanyak 239 desa yang ada di Lombok Timur semakin maju dan mandiri.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Lombok Timur, H. Juaini Taufik saat menjadi Pembina Upacara pada gelaran apel awal bulan lingkup Pemerintah Daerah Lombok Timur di halaman Kantor Bupati, Senin (2/4) kemarin.

Apa yang menjadi focus program Dinas PMD Lombok Timur tersebut, sejalan juga dengan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden point ke-3 yang menyebutkan bahwa membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa.

Maka, dalam rangka memajukan desa-desa yang ada di Lombok Timur, pada tahun ini, Dinas PMD Lombok Timur akan focus dalam beberapa program yang di antaranya adalah peningkatan kapasitas para pemangku kepentingan desa. Utamanya, bagi 158 Kepala Desa yang baru saja menggelar pilkades, para pimpinan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan perangkat desa.

Masih dalam upaya meningkatkan kapasitas pemerintah desa, tahun ini juga Dinas PMD Lombok Timur akan memberikan pembinaan dan pendampingan keuangan desa dengan membentuk Satgas Sistem Keuangan Desa. Dilakukan juga fasilitasi regulasi tentang desa yang meliputi kelembagaan dan personil, keuangan desa, pengelolaan SDA desa dan kerjasama antar desa.

Lebih lanjut disampaikan Juani bahwa Dinas PMD Lombok Timur juga akan memfasilitasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Di mana, berdasarkan data yang sudah masuk di dinas pada tahun 2017, masih ada sekitar 53 desa yang belum membentuk BUMDes yang diharapkan tahun ini sudah dapat dituntaskan.

Dalam kesempatan ini, disinggung juga hasil Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Lombok Timur tahun 2017, di mana, dari 6 indikator yang diselenggarakan Dinas PMD yang meliputi program peningkatankeberdayaan masyarakat, program pengembangan lembaga ekonomi perdesaan, program peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun desa, peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa, program peningkatan peran perempuan di perdesaan dan program pemanfaatan teknologi tepat guna, semuanya tercapai 100%. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *