L. Suandi Berharap UN Tahun Ini Lebih Sukses Dari Pelaksanaannya Tahun Lalu

kancantaradio.com – Saat menghadiri kegiatan sosialisasi penyelenggaraan UNBK dan UNKP SMP/MTs Negeri dan Swasta se-Kabupaten Lombok Timur yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Selasa (3/4) kemarin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur, L. Suandi mengharapkan semua sekolah mampu menyelenggarakan ujian nasional (UN) dengan baik dan menghasilkan prestasi yang semakin ditingkatkan.

Tak dipungkiri, dalam setiap pelaksanaan ujian nasional, baik Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ataupun Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) akan terjadi sebuah kompetisi yang sangat bergengsi. Tidak hanya antar sekolah, namun juga, akan melibatkan adu gengsi antar daerah. Bahkan, pelaksanaan ujian nasional juga akan menghadirkan kompetisi antar mata pelajaran yang diujikan. Karena hal inilah, L. Suandi berharap masing-masing sekolah harus mampu mensukseskan pelaksanaan ujian nasional ini.

Ada dua kesuksesan yang semestinya dicapai dalam pelaksanaan ujian nasional kali ini, lanjut Suandi, yakni suksesnya pelaksanaan ujian nasional yang indikatornya tidak terjadi konflik atau persoalan dalam pelaksanaannya, baik yang dikeluhkan siswa atau lainnya atau dengan kata lain, pelaksanaan ujian nasional berjalan dengan lancer.
Kesuksesan kedua yang diharapkan mampu dicapai adalah meningkatnya prestasi siswa Lombok Timur yang diharapkan mampu lebih baik dari capaian pelaksanaan ujian nasional tahun sebelumnya. Di mana, pada pelaksanaan ujian nasional tahun lalu, Kabupaten Lombok Timur berada pada grid C. maka, seharusnya tahun ini prestasinya bergeser ke grid yang lebih baik.

Diungkapkan juga bahwa jumlah sekolah yang melaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) baru sekitar 91 sekolah. Jumlahnya yang belum sesuai dengan yang ditargetkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur sebanyak 70% sekolah. Meskipun demikian, imbuhnya, yang terpenting dari pelaksanaan ujian nasional ini adalah sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian nasional, baik yang berbasis komputer maupun kertas dan pensil mampu menyelenggarakan ujian nasional yang berintegritas. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *