PjS. Bupati Hadiri Pengukuhan LKMD Dan Karang Taruna Desa Perian

kancantaradio.com – Bertempat di Kantor Desa Perian Kecamatan Montong Gading pada Rabu (4/4) kemarin, telah berlangsung kegiatan pengukuhan anggota Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) masa bhakti 2018-2024 dan Pengurus Karang Taruna Rinjani Desa Perian periode 2018-2021. Acara pengukuhan LKMD dan Karang Taruna Desa Perian sedikit special karena dihadiri langsung Penjabat Sementara (PjS) Bupati Lombok Timur, H. Ahsanul Khalik dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur, Camat Montong Gading dan tentunya para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, PjS. Bupati mengatakan bahwa kunjungannya ke Desa Perian Kecamatan Montong Gading merupakan sesuatu yang penting guna mendekatkan hubungan emosional antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Karena membangun hubungan emosional atau menjalin silaturrahmi dengan masyarakat menjadi modal penting dalam melaksanakan pembangunan.

Konsep-konsep pembangunan akan dapat diterima dan diterapkan dengan baik, lanjut Khalik, apabila terjalin komunikasi yang baik. Dengan demikian, akan terbangun kemitraan yang saling mengisi, saling mengawasi dengan benar dengan tidak mencari-cari kesalahan orang lain. Serta tidak melupakan upaya saling nasehat-menasehati.

Jika hal-hal sebagaimana di atas dapat dijalankan dengan baik. Maka, akan muncul sikap saling tolong-menolong yang akan memudahkan segala proses pembangunan. Untuk menjamin kesuksesan pembangunan, memang diperlukan upaya kontrol atau pengawasan. Namun, fungsi kontrol ini dimaksudkan untuk mensinergikan seluruh elemen yang terlibat.

Sinergitas antar pihak mutlak dibutuhkan dengan tidak melakukan langkah-langkah mencari kesalahan yang dapat menimbulkan perpecahan. Fungsi kontrol harus dijalankan dengan benar yang dilandasi kepentingan bersama, bukan atas kepentingan individu.

Dan bagi Pengurus Karang Taruna Rinjani Desa Perian yang baru saja dikukuhkan, diharapkan mampu melakukan pemberdayaan di tingkat desa dengan membentuk kelompok-kelompok usaha produktif yang dapat dimanfaatkan masyarakat. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *