STQ XXV Kab. Lombok Timur Siap Digelar

kancantaradio.com – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten Lombok Timur yang ke-25 tahun ini siap digelar pada 16-22 April ini atau bertepatan dengan tanggal 29 Rajab-5 Sya’ban 1439 H. Demikian disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Subhan melalui siaran persnya pada Sabtu (14/4) kemarin.

Gelaran STQ XXV tingkat Kabupaten Lombok Timur ini akan dipusatkan di Kecamatan Aikmel dengan mengangkat tema “Menuju Generasi Qur’ani” dan akan dibuka langsung Penjabat Sementara (PjS) Bupati Lombok Timur, H. Ahsanul Khalik.
Sebelum dibuka secara resmi pada malam harinya, STQ XXV ini akan diawali dengan kegiatan pawai ta’aruf pada sore hari yang diikuti kafilah STQ dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Lombok Timur dan peserta lainnya yang merupakan pelajar dari tingkat SMP dan SMA sederajat serta stkeholder lingkup Kecamatan Aikmel.

Seleksi untuk menentukan juara dalam gelaran STQ ini akan dimulai pada Selasa (17/4) dengan 5 kecamatan, yakni Kecamatan Keruak, Jerowaru, Sambelia, Sembalun dan Kecamatan Sakra Barat dengan peserta berjumlah 67 orang. Disusul pada hari berikutnya dengan 5 kecamatan lagi, yakni Kecamatan Masbagik, Pringgasela, Sakra, Labuhan Haji dan Kecamatan Sakra Timur dengan 58 peserta.

Pada hari berikutnya lagi akan diikuti Kecamatan Selong, Sukamulia, Pringgabaya, Sikur dan Kecamatan Wanasaba dengan 65 peserta dan berikutnya 5 kecamatan lainnya pada hari berikutnya, yakni Kecamatan Aikmel, Montong Gading, Suralaga, Terara dan Kecamatan Suela.

Untuk lokasi pelaksanaan, lanjut Subhan, dibagi dalam 3 tempat, masing-masing di Lapangan Umum Aikmel dengan pelaksanaan pada pagi dan malam hari, di Masjid Jami’ Al-Mujahidin Aikmel dan di Masjid Jami’ At-Taqwa Batu Belek. Untuk di kedua masjid ini, pelaksanaan seleksi dilakukan hanya pada pagi hari.

Gekaran ke-25 STQ tingkat Kabupaten Lombok Timur kali ini diikuti 257 peserta yang akan berkompetisi di 3 cabang lomba, yaitu cabang tilawah Al-Qur’an dengan 3 golongan, cabang tahfiz Al-qur’an dengan 5 golongan dan pada cabang tafsir Al-Qur’an dengan golongan tafsir Bahasa Arab putra dan putri. (kis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *